5 Jenis Mindset Penghambat Kemajuan dan Kesuksesan Anda

5 Jenis Mindset Penghambat Kemajuan dan Kesuksesan Anda
Bicara soal mindset memang tidak akan ada habisnya, mindset merupakan suatu pola pikir yang dimilki oleh manusia. Pola pikir ini memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan, baik kesehatan, kesuksesan, karir, hubungan keluarga dan lain-lain.
mindset yang harus dirubah


Banyak orang yang merasa tidak bisa maju dan hidupnya mentok. Rupanya penyebab seseorang hidupnya stagnan adalah karena mindset atau pola pikir yang salah. Ada beberapa jenis mindset yang harus kita hindari agar kita tetap bisa maju. Berikut 5 jenis mindset yang akan menghambat kehidupan Anda.

Mindset Penghambat Kesuksesan Anda

Khawatir Berlebihan

Setiap orang memiliki rasa khawatir tapi faktanya hanya kurang dari 25% rasa khawatir yang terbukti menjadi kenyataan. Kita harus sadar untuk apa kita khawatir? Karena rasa khawatir yang terus menerus akan membuat tubuh merasa lelah. Dengan begitu kta akan menghabiskan energi kita hanya untuk memikirkan rasa khawatir.

Untuk mengatasi rasa khawatir sebaiknya lakukan kegiatan-kegiatan positif seperti berkomunitas, berolahraga, berdoa dan sebagainya. Khawatir merupakan sesuatu yang terlihat biasa namun efeknya sangat besar bagi kemajuan kehidupan Anda. Jadi berhentilah khawatir dan mulailah menjalani hidup secara normal.

Selalu Hidup di Masa Lalu

Banyak orang yang selalu hidup di masa lalunya, baik masa lalu yang buruk ataupun baik. Jangan pernah hidup di masa lalu karena itu semua sudah berlalu. Masa lalu tidaklah sama dengan masa depan. Berbuat dan action-lah hari ini juga untuk masa depan Anda.

Sebagian besar orang yang terlena dengan masa lalunya yang sukses. Sehingga ia merasa bahwa dirinya masih hidup di masa kesuksesan tersebut walaupun kenyataannya masa itu telah berlalu. Banyak orang yang merasa bangga karena pernah meraih berbagai hal hebat pada masa lalu. Ini membuat seseorang tidak bisa move on.

Begitu juga dengan masa lalu yang gagal. Ada banyak orang yang merasa trauma karena memiliki masa lalu yang buruk. Seseorang yang pernah mengalami kegagalan cenderung akan takut mencoba dan selalu dihantui kegagalannya. Padahal kegagalan di masa lalu tidak seharusnya menghentikan langkah seseorang.

Hidup Itu Susah dan Menderita

Ini merupakan mindset yang sangat buruk, yaitu banyak orang yang dalam dirinya sudah tertanam pola pikir bahwasanya hidup itu susah dan penuh penderitaan. Orang dengan mindset seperti ini biasanya sangat sulit berkembang karena kepalanya selalu dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif.

Orang yang selalu berpikir negatif maka akan menarik hal-hal negatif juga pada dirinya. Jika ini berlangsung terus menerus maka akan sangat berbahaya bagi kehidupan Anda kedepannya. Jika Anda merasa memiliki pola pikir seperti ini maka sebaiknya segera lakukan perubahan.

Untuk merubah pola pikir seperti ini Anda bisa memulainya dengan mengatakan hal-hal positif kepada diri Anda sendiri. Cobalah setiap hari untuk mengatakan “saya sangat bahagia, saya cinta diri saya, hidup ini mudah” dan kata-kata positif lainnya. Lakukan secara rutin maka lama kelamaan pola pikir Anda akan mulai berubah. Intinya agar bisa lebih lapang dada dalam menghadapi masalah hidup jangan fokus pada masalahnya tapi fokuslah pada goal atau hasil akhirnya.

Tidak Ada yang Mau Memahami Saya

Generasi muda saat ini cenderung memiliki mental yang lemah dan cengeng. Selalu merasa membutuhkan orang lain untuk memahami dirinya. Banyak sekali di media sosial kita temui orang yang update status dan mengatakan bahwa tidak ada orang yang memahami dirinya. Orang yang seperti ini justru menunjukan kelemahan dirinya sendiri.

Kita memang tidak akan bisa hidup tanpa orang lain tapi jangan menjadi terlalu lemah dan bergantung pada orang lain. Anda harus lebih berani dan kuat. orang yang paling memahami diri Anda bukan orang lain melainkan diri Anda sendiri.

Suka Menunda

mindset penghambat kemajuan dan kesuksesan

Orang yang menunda umumnya merasa masih punya banyak waktu, merasa masih muda, dan sebagainya. Padahal tanpa disadari waktu terus berjalan meninggalkan orang-orang malas. Orang-orang yang suka menunda biasanya baru akan menyadari dan menyesal ketika mereka telah kehabisan waktu.

Coba Anda ingat kembali berapa banyak hal yang sebenarnya bisa dikerjakan sekarang namun Anda tunda? Kita bisa mengerjakan tugas kuliah sekarang tapi kebanyakan mahasiswa akan mengatakan nanti, kita bisa memulai bisnis sekarang tapi kebanyakan beralasan dan akhirnya tidak pernah memulai, kita bisa berubah menjadi orang baik sekarang, namun kita memilih nanti dan tiba-tiba ajal menjemput kita sebelum sempat perubahan tersebut kita lakukan.

Waktu itu berlalu sangat cepat kawan dan waktu kita semakin sedikit setiap harinya. Anda mungkin baru akan menyadari ketika waktu itu telah habis. Mulailah berhenti menunda-nunda, penundaan ini adalah sebuah penghambat terbesar untuk kemajuan Anda. Jangan jadi orang yang lemah dan buatlah keputusan yang terbaik sekarang juga.

Anda tidak akan memiliki hidup yang hebat, sukses, ataupun bermakna jika masih menganut 5 mindset yang akan menghambat kemajuan di atas. Jika Anda merasa memiliki 5 atau salah satu pola pikir di atas segera lakukan perubahan sekarang juga sebelum hidup Anda semakin buruk. Salam Luar Biasa!

Sumber: Chandra Putera Negara
)
5 Jenis Mindset Penghambat Kemajuan dan Kesuksesan Anda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Cara Mengembangkan Mindset Anda Supaya Terus Berkembang

Bagaimana Cara Mencapai Goal Anda? Rahasia Membuat Goal Tercapai Dengan Cepat